Cara Membuat Pas Foto di Photoshop

Ingin membuat pas foto namun belum tahu langkah-langkahnya.? Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap cara membuat pas foto di Photoshop mulai dari cropping dan mengubah background warna yang sesuai.

Di indonesia Pas foto di gunakan untuk berbagai persyaratan kegiatan. Mulai dari mendaftar sekolah, kuliah, buku nikah, membuat sim card, passport dan melamar pekerjaan. Yang mengharuskan pas foto untuk bukti identitas calon diri.

Pas foto biasa terdiri dari warna latar merah, biru dan hitam putih, serta terdapat beberapa ukuran yang sering di gunakan. Mulai dari ukuran 2×3, 3×4, 4×6 masing-masing ukuran tersebut dengan wajah tegak dan tampak 80 persen dari keseluruhan foto.

Maka dari itu, untuk membuat sebuah pas foto Anda harus menyiapkan foto yang bagus terlebih dahulu sebelum mengeditnya di photoshop. Bisa menggunakan kamera Hp atau DSLR untuk mendapatkan hasil yang jelas.

Jika foto telah anda siapkan maka tahap selanjutnya ialah cara membuat pas foto menggunakan aplikasi photoshop. Ikuti langkah-langkah di bawah ini sampai akhir.

Ukuran Pas Foto 2×3, 3×4, 4×6 Sesuai Standar

Nah, sebelum kita lanjut cara membuat dan mengedit pas foto alangkah baiknya kita juga harus mengetahui terlebih dahulu ukuran yang sesuai cm, mm, inchi. Berikut ukuran yang sesuai yang di sarankan:

UkuranDalam InchiDalam CmUkuran Awan
Pas Foto 2×30,7 × 1.12,16×2.792×3
Pas Foto 3×41.1×1.52,79×3,813×4
Pas Foto 4×61,5×2,33,81×5,594×6

Nah itulah ukuran yang banyak di gunakan untuk berbagai keperluan persyaratan yang membutuhkan sebuah pas foto sebagai bukti identitas diri.

Nah, sesuai pembahasan di atas ialah membuat pas foto di photoshop baik menggunakan komputer atau laptop, Karena aplikasi ini sangat populer di kalangan dunia editing.

Cara Membuat Pas Foto 2×3, 3×4, 4×6 di Photoshop

Cara membuat pas foto di aplikasi photoshop Anda harus mengikuti beberapa langkah untuk menghasilkan sebuah pas foto. untuk langkahnya silahkan di simak sampai akhir ya.

1. Buka Aplikasi Photoshop

Langkah pertama ialah membuka aplikasi photoshop terlebih dahulu dan di sini bisa di gunakan untuk semua versi photoshop CS 3, CS 4, CS 6, atau Photoshop CC.

2. Import Gambar Ke Photoshop

Selanjutnya import foto yang telah Anda persiapkan. Klik File > Open atau cara cepat dengan menekan tombol kombinasi Ctrl+O di keyboard. Pilih foto yang ingin di ubah menjadi pas foto.

Cara Membuat Pas Foto di Photoshop

3. Memotong Ukuran Pas Foto

Jika foto sudah Anda masukkan. Tahap selanjutnya ialah dengan memotong ukuran pas foto. Klik ikon Crop Tool di bilah samping. Lalu masukkan ukuran pas foto pada kolom sesuai kebutuhan yang di perlukan. Lalu Tekan Enter

Cara Membuat Pas Foto di Photoshop

4. Menghapus Latar Belakang Foto

Untuk menghapus background bisa menggunakan beberapa tool yang tersedia. Misalnya foto latarnya polos bisa menggunakan Magic Wan Tool dan sejenisnya. Jika latarnya ada banyak warna bisa menggunakan Polygonal Lasso Tool atau Peen Tool.

Kebetulan foto saya di sini memiliki latar polos maka saya lebih cepat dan mudah menggunakan Magic Wan Tool.

  • Klik kana pada Toolbox seperti gambar di bawah lalu pilih Magic Wan ToolCara Membuat Pas Foto di Photoshop
  • Setelah itu klik pada area background atau area polos tersebut. Tekan Ctrl+J untuk menduplikat layer menjadi dua.
  • Jika saat menduplikat yang tercopy hanya Background Anda bisa menekan Ctrl+Shift+I bersamaan untuk mengubah posisi yang ingin di copy.

5. Mengganti Warna Background Foto

Selanjutnya ialah mengganti warna background foto. Pilih yang sesuai dengan persyaratan yang tertera. Biasa untuk warna latar sesuai dengan tanggal lahir Ganjil dan Genap. Contohnya (1991, 1993, 1995 seterusnya) warna Merah (1990, 1992, 1994 seterusnya) warna Biru. Nah untuk langkah mengubah Warna latar ikuti langkah ini :

  1. Pertama arahkan mouse pada Backgound, Lalu llik Create a New Layer. Lihat contoh gambar di bawah. Cara Membuat Pas Foto di Photoshop
  2. Lalu pilih warna yang sesuai Biru dan Merah
  3. Selanjutnya, Klik pada layer baru, lalu pilih Paint bucket tool (Tekan G)
  4. Terakhir Klik pada Area Background tersebut. Maka otomatis warna akan berganti sesuai warna yang Anda pilih.

6. Cara Memperhalus Area Tepi

Biasa jika hendak melakukan cropping di tepi objek akan terlihat foto tidak menyatu dengan warna latar. Untuk mengatasinya Anda bisa memakai blur tool di area tepi gambar dengan cara menggosok di tepi pelan-pelan sampai terlihat foto menyatu.

7. Mengubah Ukuran Pas Foto Agar Sesuai

Jika semua telah selesai Anda buat. Langkah terakhir ialah mengubah ukuran size resolution agar pas saat di print.

  1. Pertama pilih Image >Image Size
  2. Selanjutnya, di bagian Document Size akan melihat tulisan, width, height,dan resolution, lalu ubah sebagai berikut : Width: 3, Height: 4 dan Resolution: 300, lalu tekan OK untuk menyimpan perubahan
  3. Selesai

Sampai di sini Anda sudah berhasil membuat pas foto di Photoshop. Sekarang Anda bisa langsung menyimpan foto tersebut dengan menekan Ctrl+S serta memilih format yang sesuai seperti JPEG dan PNG.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dari saya mengenai cara membuat pas foto di photoshop lengkap dengan gambar. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat pas foto untuk berbagai keperluan.

Lihat artikel lainnya dari kami, terima kasih telah berkunjung.

Min Arta

Seorang Freelance pencinta kopi, yang ingin berbagi apa yang saya tau, suka teknologi terutama Gadget dan Komputer.

Tinggalkan komentar