Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10

Pernahkan anda mengintstal Aplikasi tertentu, Namun tidak bisa di install? Karena alasan keamanan. Tenang, Salah satu tips ialah dengan cara menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 terlebih dahulu.

Windows Defender di kenal sebagai Microsoft Defender Antivirus di Windows 10 adalah program bawaan yang ada di sistem Windows 10. Defender ini salah alat untuk mencegah komputer Anda dari serangan malware atau virus.

Dengan adanya windows defender di Pc Anda dapat mencegah ancaman dari program pihak ketiga yang mengandung virus di dalamnya, dan antivirus ini adalah dapat melindungi komputer Anda sepanjang waktu. Karena alat ini bekerja secara otomatis

Namun, dalam beberapa kasus, Anda tidak dapat memasang aplikasi / software pihak ketiga yang menyebabkan gangguan dalam pemasangan. Dengan demikian, Anda dapat menonaktifkan Windows Defender bersifat sementara atau secara permanen.

Apa pun niat Anda untuk mematikan antivirus tersebut, perlu diingat bahwa jika Anda belum menginstal antivirus pihak ketiga, kemungkinan besar ancaman atau serangan malware akan meningkat. Untuk keluar dari situasi ini,

Untuk keluar dari situasi ini, Anda dapat memilih untuk menginstal antivirus pihak ketiga yang memberikan keamanan ke komputer Anda dan sebagai tambahan, memungkinkan Anda memiliki kendali penuh.

Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10

Secara umum, untuk mematikan antivirus defender sangatlah mudah. Namun ada dari sebagian pengguna baru di windows 10 masih suka kebingungan letak serta langkah untuk mematikannya.

Maka pada kesempatan berbahagia ini akan saya paparkan step by step untuk menonaktifkan windows defender. Melalui panduan ini, Anda dapat menonaktifkan antivirus sementara atau secara permanen. Berikut langkah-langkahnya:

1. Mematikan Windows Defender Sementara

Pada metode anda hanya mematikan windows tersebut hanya bersifat sementara waktu. Untuk langkah-langkah silahkan lihat di bawah ini.

  1. Pertama klik pada kolom Type here to seach.
  2. Kemudian ketikkan Virus and Threat Protection dan klik untuk membukanyaCara Menonaktifkan Windows Defender
  3. Setelah itu, klik Manage settings pada bagian Virus & threat protection settingCara Menonaktifkan Windows Defender
  4. Pada bagian Real Time Protection. Geser ke kiri untuk mematikan Defender tersebutCara Menonaktifkan Windows Defender
  5. Selesai

Setelah Anda selesai dengan ini, Defenderdinonaktifkan untuk sementara waktu. Sekarang, Anda dapat dengan mudah menginstal perangkat lunak pihak ketiga atau dapat membuat perubahan sistem tertentu pada komputer Anda.

Perhatikan bahwa, lain kali ketika Anda me-restart komputer Anda, Windows Defender akan aktif kembali secara otomatis.

2. Mematikan Windows Defender Secara Permanen

Untuk menonaktifkan Windows Defender melalui kebijakan grup, Anda perlu menonaktifkan “Tamper Protection” terlebih dahulu, hanya berfungsi jika Anda pengguna Windows 10 Pro,ikuti saja langkah-langkahnya:

  1. Buka Start melalui logo Windows.
  2. Kemudian cari Virus and Threat Protection dan ketuk untuk meluncurkannya.
  3. Di sana Anda melihat Manage settings, klik itu.Cara Menonaktifkan Windows Defender
  4. Dari sini, Matikan Tamper protection dengan cara menggeser ke samping kiri sampai berubah menjadi off.
  5. Kemudian silahkan tutup jendela halaman ini.

Tahap di atas belum selesai. Anda harus mengikuti langkah-langkah yang selanjutnta untuk menonaktifkan antivirus Windows Defender secara permanen.

  1. Buka tombol kombinasi Windows+R di keyboard
  2. Lalu ketikkan gpedit.msc, lalu klik Ok untuk membuka Windows Defender
  3. Setelah itu, Jelajahi Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Microsoft Defender Antivirus.
  4. Kemudian, klik dua kali pada kebijakan Turn off Microsoft Defender Antivirus.
  5. Pilih opsi Enabled > Apply > dan tekan Ok untuk menyimpan.
  6. Langkah terakhir , Restart komputer Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil menonaktifkan Windows Defender secara permanen. Jika perlu mengaktifkan Antivirus kembali, Anda dapat mengulang langkah-langkah di atas untuk mengaktifkan kembali antivirusnya.

Kesimpulan

Ini adalah metode paling sederhana menonaktifkan Windows Defender Windows 10, karena tidak hanya menonaktifkan Windows Defender secara permanen.

Tetapi juga memberikan keamanan komputer Anda dan metode di atas sebaliknya di gunakan jika memang perlu untuk melakukannya.

Karena ini bisa membuat komputer Anda tidak akan melindungi lagi dari serangan virus dan malware yang masuk. Terkecuali anda mempunyai Aplikasi pihak ketiga yang terpasang di komputer anda.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dari saya mengenai langkah dan cara menonaktifkan Windows defender windows 10 dengan aman dan mudah. Lihat artikel tutorial lainnya dan bagikan ke teman kalian jika di rasa ini bermanfaat.

Min Arta

Seorang Freelance pencinta kopi, yang ingin berbagi apa yang saya tau, suka teknologi terutama Gadget dan Komputer.

Tinggalkan komentar