Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Pernahkah Anda mengalami masalah pada saat mendownload aplikasi di Google Play Store, terdapat masalah download tertunda di antrean? Situasi seperti ini terkadang membuat kita kesal, terutama jika Anda ingin segera buru-buru.

Ketika Anda mengunduh file di Internet, terkadang ada hal-hal yang membuat frustasi. Terutama ketika unduhan memakan waktu terlalu lama atau mengalami masalah pengunduhan seperti “tidak mengunduh”, dll.

Masalah ini sering terjadi di Play Store, saya juga pernah mengalami hal yang sama. Ada kalanya aplikasi yang ingin saya pasang tidak diunduh karena beberapa alasan dan tetap pada unduhan yang tertunda.

Dengan perkembangan bertahun-tahun, kebanyakan orang menganggap Google Play Store sebagai aplikasi yang andal dan stabil. Namun, masalah tetap akan selalu muncul bervariasi.

Jadi, jika Anda mengalami masalah dalam mendapatkan aplikasi baru karena kesalahan “unduhan tertunda”, lihat panduan cara mengatasinya di bawah ini.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Saat mengunduh aplikasi di Google Play, beberapa dari Anda mungkin menemukan pesan unduhan tertunda. Ini biasanya tidak menjadi masalah karena biasanya saat Anda mengantre unduhan. Tetapi itu bisa menjadi masalah, terutama jika unduhan Anda tetap tertunda.

Banyak alasan yang mungkin menyebabkan hal ini, tetapi mudah untuk memperbaikinya sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kesalahan unduhan yang tertunda.

Catatan : Beberapa metode ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada ponsel, versi Android, dan UI yang Anda miliki.

Periksa Antrian Unduhan Anda

Sering kali, akar masalah ini adalah daftar panjang unduhan dan pembaruan yang tertunda. Jika itu masalahnya, dan Anda perlu memprioritaskan unduhan yang tertunda, berikut yang dapat Anda lakukan:

  1. Buka Google Play dan navigasikan ke “Aplikasi dan Game SayaMengatasi Download Tertunda di Play Store
  2. Periksa apakah Anda memiliki unduhan atau pembaruan yang sedang berlangsung.
  3. Selanjutnya Hentikan semua unduhan dan pembaruan yang tertunda.Mengatasi Download Tertunda di Play Store
  4. Selesai

Kemudian, ke halaman aplikasi coba instal dan unduh kembali Aplikasi yang sebelumnya membuat download tertunda.

Masalah Terkait : Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Periksa Koneksi Internet

Koneksi jaringan yang lambat dapat mempengaruhi semua unduhan dan pembaruan Anda. Jadi jika Anda menggunakan koneksi Wi-Fi, periksa apakah Anda memiliki masalah jaringan.

Jika koneksi Anda tampak lambat tetapi berfungsi, coba mulai ulang router Anda atau hubungi ISP Anda untuk mendapatkan bantuan. Sementara itu, Anda juga dapat mengunduh aplikasi menggunakan data Anda untuk memeriksa apakah jaringan Anda masalahnya.

Untuk melakukan ini, pastikan untuk mengaktifkan pengunduhan aplikasi melalui jaringan apa pun di aplikasi Google Play Anda:

  1. Buka Google Play.
  2. Buka Pengaturan> Preferensi unduhan aplikasi dan pastikan untuk memilih opsi “Melalui jaringan apa pun“.

Selain itu, jika Anda memiliki koneksi VPN aktif, tutup dan coba unduh aplikasi lagi.

Hapus Cache dan Data Aplikasi

Jika metode di atas tidak berhasil, hapus cache dan data aplikasi Google Play Anda.

Ingat, menghapus data aplikasi akan menghapus akun Anda dari aplikasi dan semua pengaturan yang Anda buat di dalamnya. Tapi jangan khawatir, Anda selalu dapat menyiapkannya kembali setelah Anda masuk ke aplikasi Google Play.

Hapus cache dan data aplikasi
  1. Pastikan aplikasi Google Play ditutup.
  2. Buka aplikasi pengaturan perangkat Anda dan lanjutkan ke daftar aplikasi. Cari aplikasi Google Play Store dan ketuk di atasnya.
  3. Pada halaman informasi aplikasi, ketuk Penyimpanan.
  4. Ketuk Hapus Cache. Anda juga dapat mengetuk Hapus Data.

Sekarang, mulai ulang perangkat Anda, buka Google Play, dan coba unduh aplikasi. Jika tidak berhasil, hapus cache dan data Pengelola Download dan Layanan Play Anda.

Copot dan Pasang ulang Pembaruan Play Store

Jika semua metode di atas tidak berhasil untuk Anda, copot pemasangan pembaruan Play Store untuk mengembalikannya ke versi pabriknya.

Copot pemasangan pembaruan Google Play Store
  1. Buka Pengaturan dan ketuk Aplikasi.
  2. Pilih Google Play Store, ketuk Lainnya (biasanya diwakili oleh tiga titik) dan pilih Copot pemasangan pembaruan.
  3. Buka Google Play dan coba unduh aplikasi lagi.

Biasanya, Google Play memperbarui dirinya sendiri secara otomatis, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang fitur terbarunya. Tetapi jika bukan itu masalahnya, Anda dapat membuka aplikasi, menuju ke Pengaturan, dan memperbaruinya secara manual.

Reset Pengaturan Hp

Terkadang dari anda pernah mengubah pengaturan baik di sengaja maupun tidak, ada baiknya reset pengaturan solusi terbaik untuk mengatasi download Tertunda di Play Store

Karena saya pernah mengalami masah serupa saat mengintal aplikasi tidak berjalan. dengan mereset sebagian pengaturan akhirnya behasil.

Untuk caranya bisa lihat di bawah ini :

  1. Buka Pengaturan perangkat Anda
  2. Selanjutnya Manejemen umum > Reset
  3. Terakhir pilih dan ketuk Reset Pengaturan
  4. Selesai

Pertanyaan Terkait

Mengapa Unduhan saya Tertunda?

alasan mengapa aplikasi yang Anda coba unduh dan pasang macet dalam proses tertunda. Yang paling umum adalah memiliki terlalu banyak aplikasi yang tercantum dalam antrean unduhan atau koneksi internet yang lambat.

Bagaimana cara memperbarui Google Play Store?

Secara default, Google Play diperbarui secara otomatis. Tetapi jika Anda ingin memeriksanya secara manual.

Bisakah Unduh Aplikasi menggunakan Data Seluler di Play Store?

Sangat bisa, tetapi pertama-tama Anda perlu membuka aplikasi Google Play Anda, buka Pengaturan, dan atur preferensi unduhan aplikasi ke jaringan apa pun.

Kesimpualan

Cara di atas bisa di gunakan untuk semua versi android Anda, karena Anda perlu melakukan pengaturan agar unduhan saya tertunda bisa kembali Normal.

Mungkin cukup sekian dari saya cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store, Semoga dengan ada panduan ini dapat membantu Anda memperbaiki masalah unduhan pending di Play store.

Lihat panduan lain dari kami di laman Kategori yang terkait. Akhir Kata saya ucapkan terima kasih. See you next time

Min Arta

Seorang Freelance pencinta kopi, yang ingin berbagi apa yang saya tau, suka teknologi terutama Gadget dan Komputer.

Tinggalkan komentar