Cara Mengatasi Error Membuat Salinan di Google Drive

Terkadang pada saat menyalin sebuah folder atau file di google drive sering muncul pesan error pada saat membuat salinan berikut cara mengatasi nya.

Menyalin file di Google Drive dapat menyebabkan masalah bagi Anda khususnya karena masalah di browser Anda. Ini biasanya terjadi karena kerusakan di cache, atau konflik browser.

Selain itu, add-on dan ekstensi browser Anda dapat menyebabkan kesalahan Google Drive dalam pembuatan salinan. Biasanya, ketika kita mulai menyalin file di Google Drive.

Tetapi, prosesnya tidak sampai tuntas. Namun, pop lagi muncul yang menampilkan peringatan “Kesalahan saat membuat file“. tenang, tidak ada yang perlu di khawatirkan di sini akan bagikan untuk membantu Anda dengan semua gangguan teknis Anda.

Anda hanya perlu memastikan bahwa batas unggahan 750 GB per hari masih tersisa di akun Google drive anda. Periksa apakah Anda tidak melebihi batas sebelum memilih metode pemecahan masalah yang di maksud.

Pada kesempatan kali ini akan saya coba paparkan cara mengatasi kesalahan membuat salinan di google drive.

Cara Mengatasi Error Membuat Salinan di Google Drive

Jika terdapat kesalahan make a copy ( gagal membuat salinan) di google drive berikut penyebab dan cara yang bisa di lakukan pada browser Anda.

Ikuti beberapa langkah yang bisa Anda terapkan pada browser chrome dan mozilla firefox yang anda gunakan.

Periksa Koneksi Internet

Faktor yang sering muncul ketika hendak membuat salinan di Google Drive yatu jaringan yang anda gunakan bermasalah atau kurang satbil. Sebaiknya periksa terlebih dahula jaringan yang Anda gunakan pada saat ini apakah stabil atau bermasalah.

Anda juga perlu memastikan bahwa komputer Anda memiliki koneksi jaringan yang kuat dan handal karena kekuatan sinyal jaringan yang lemah merupakan faktor penyebab utama masalah penyalinan.

Dengan demikian, Anda dapat mencoba mengubah router untuk mendapatkan jaringan yang lebih baik agar tidak lagi melihat pesan error yang muncul.

Cara Mengecek Jaringan bisa ikuti langkah ini :

  1. Pertama buka situs speedtest.net
  2. Selanjutnya Tekan Mulai, maka sistem akan memulai melacak kecepatan unduh dan unggah internet yang Anda gunakan
  3. Selesai

Hapus History Browser

Secara default browser menggunakan cache untuk meningkatkan fitur. Tetapi, bila ada kerusakan dalam cache dan cookie, maka Anda dapat mengundang banyak masalah dalam proses pembuatan salinan file apa pun.

Dalam kasus seperti itu, Anda perlu menghapus data penjelajahan untuk menyelesaikan masalah. Berikut cara yang bisa lakukan pada browser.

  1. Buka Google Chrome dan ketuk Menu Tindakan yang muncul dalam bentuk 3 bar vertikal di sudut kanan atas.
  2. Selanjutnya, arahkan kursor ke opsi “Alat Lainnya” di sana, Anda akan menemukan subjudul yang bertuliskan “Hapus Data Penjelajahan“.
  3. Pergi ke opsi Lanjutan dan pilih “Sepanjang waktu” sebagai rentang waktu dan klik semua kategori untuk menghapus atau memilih hanya yang tidak berguna bagi Anda.
  4. Kemudian ketuk opsi Hapus Data.
  5. Selesai.

Terkait : Cara Menghapus History Chrome

Sekarang, Anda dapat membuka kembali browser Anda dengan menutupnya sekali.
Kemudian, Anda dapat melihat apakah masalahnya masih muncul atau tidak.

Jika masih muncul anda bisa mengikuti langkah di bawah ini

Hapus Extensions Browser

Sebagian besar pengguna menggunakan add-on untuk meningkatkan kinerja browser mereka. Namun, gangguan ekstensi ini umumnya menyebabkan banyak masalah termasuk kesalahan saat ini tida bisa membuat salinan di Google Drive.

Dalam situasi seperti ini, menghapus ekstensi bisa menjadi metode terbaik untuk di lakukan. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti tahapan serta langkah – langkah di bawah.

  1. Buka browser Google Chrome dan ketuk pada menu Action.
  2. Kemudian ketuk opsi Alat Lainnya di mana Anda harus pergi ke tab Ekstensi dari sub-menu.
  3. Dari daftar ekstensi, Anda perlu menonaktifkan setiap ekstensi dengan memindahkan sakelar masing-masing ekstensi untuk menonaktifkan.
  4. Saat semua ekstensi dinonaktifkan, Anda dapat memulai ulang browser dan mengakses Google Drive kembali.

Menggunakan Incognito Mode Browser

Browser terbaru hadir dengan fasilitas built-in In Private / Incognito mode. Mode ini memungkinkan pengguna untuk mengakses browser tanpa menggunakan konfigurasi / data atau cookie.

Selebihnya. Jika Anda benar-benar ingin memperbaiki masalah di browser Anda, tidak ada yang lebih bermanfaat bagi Anda selain menggunakan mode Penyamaran browser untuk mengakses Google Drive.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk hal yang sama.

  1. Masuk ke mode Penyamaran atau Incognito di browser Anda.
  2. Selanjutnya, akses dan masuk kembali ke akun Google Drive, lalu dan periksa apakah kesalahan penyalinan data Anda masih berlanjut atau tidak.

Baca Juga : Mengaktifkan Ekstensi di Mode Penyamaran Chrome

Jika kesalahan masih muncul, Anda dapat mencoba metode selanjutnya, Anda dapat mencoba menggunakan browser yang berbeda selain Google Chrome.

Seperti browser mozilla firefox, opera, microsoft edge ataupun internet explorer di perangkat komputer maupun laptop. Dengan begitu, Anda dapat mengakses Google Drive di browser lainnya.

Selain itu, Anda dapat menggunakan utilitas Google Backup untuk mengatasi masalah tersebut. Alternatif lain adalah menggunakan fungsi Sync atau File Stream untuk menyelesaikan masalah.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dari saya mengenai cara mengatasi membuat salinan di google drive semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau tanggapan, silakan tulis komentar di bawah ini. akhir kata saya ucapkan terima kasih.

Min Arta

Seorang Freelance pencinta kopi, yang ingin berbagi apa yang saya tau, suka teknologi terutama Gadget dan Komputer.

Tinggalkan komentar