Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Bagi pengguna Android tidak asing lagi jika muncul masalah Layanan Google play terhenti, lalu apa penyebab serta cara mengatasi nya. cek yuk.

Layanan Google Play adalah bagian dari semua smartphone Android. Faktanya, kita tidak dapat membayangkan perangkat apa pun tanpa Layanan Google Play.

Inti dari Layanan Google Play adalah Google Play Store. Dan berbicara tentang Play Store, ada banyak sekali aplikasi dan game yang dapat Anda instal secara gratis.

Dari pada itu dengan adanya masalah yang muncul membuat sehingga aplikasi tidak bisa di buka sekali menginstal Aplikasi.

yang pastinya Anda bertanya-tanya kenapa layanan Google play terhenti secara tiba-tiba.

Sebenarnya untuk faktor dan masalah yang muncul bervariasi, lain merk perangkat lain pula faktor masalah serta penyebabnya.

Tapi, suatu penyabab dasarnya ialah layanan Google Play Services data cache-nya sudah penuh atau telah usang.

Nah, untuk mengatasinya ada beberapa cara yang harus Anda terapkan pada Hp android. untuk selengkapnya bisa baca di bawah ini.

Penyebab Layanan Google Play Terhenti

Seperti yang saya sebutkan diatas tadi, penyebab yang muncul bervariasi setiap merk dan tipe Android anda.

  1. Menumpuknya File Cache di Google Play : Masalah ini sudah sering kita temui di berbagai aplikasi, salah satunya ialah Google Play, dengan banyak data cache aplikasi akan mengalami kerusakan lama-kelamaan.
  2. Sistem Perangkat Rusak : sama halnya dengan sistem pada umumnya, android akan mengalami kerusakan apabila terdapat banyak bug dari berbagai aplikasi yang pernah kita install sebelumnya.
  3. Memori Ram Penuh : setiapnya aktifitas yang kita kerjakan pada Aplikasi ram secara otomatis menyimpan berbagai data yang kita jalankan, dengan begitu yang sering terjadi Hp menjadi lag, macet dan dampak-nya bisa google play terhenti.
  4. Bug pada Aplikasi : pada aplikasi yang pernah kita Install sebelumnya mungkin terjadi bug sehingga bisa mendatangkan masalah pada sistem.
  5. Google Play Service : pada dasarnya google play service melakukan update otomatis oleh sistem, di berbagai pengaturan tertentu, yang membuat play service tidak ter-update otomatis.

Dari beberapa masalah yang muncul sehingga Google play terhenti secara tiba-tiba, untuk itu Anda harus punya solusi agar Aplikasi bisa Anda install kembali.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Untuk mengatasi masalah yang muncul Anda bisa ikuti tips beberap cara di bawah ini :

1. Restart Handphone

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Salah satu cara yang ampuh untuk berbagai masalah sering muncul pada sistem Android ialah dengan Men-restart Hp.

Dengan begitu sistem yang error karena bug, atau pengaturan sistem yang sudah berubah menjadi default kembali.

Begitu juga dengan masalah timbul pada “sayangnya layanan google play terus berhenti, bisa kembali pulih dan normal ke semula.

Cara ini memang terlihat sangat mudah dan sederhana, namun dari beberapa kasus masalah pada Android salah cara ialah dengan memuat ulang Handphone Anda.

2. Hapus Penyimpanan Google Play Services

Nah langkah selanjutnya ialah dengan menghapus cache datau penyimpanan memori pada Aplikasi layanan google play atau Play Service.

Karena untuk kasus sayang google play berhenti, kemungkinan data cache sudah penuh atau terjadi error karena virus atau hal lainnya.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Untuk cara menghapusnya sendiri bisa Anda ikuti langkah di bawah ini :

  1. Pertama masuk ke Pengaturan Hp Anda
  2. Kemudian masuk ke menu Aplikasi
  3. Lalu cari Google Play Services pada Menu pencarian
  4. Klik pada Penyimpanan > Atur penyimpanan > Dan terakhir Hapus memori
  5. Selesai

Nah untuk cara ini mungkin beberapa Android sedikit berbeda, namun pada umumnya untuk menghapus data cache lewat menu Aplikasi Android.

3 Menghapus Data Cache Google Play

Cara ini hampir sama dengan cara diatas, karena aplikasi google play service dan Play store saling berkaitan.

Karena dengan banyak cache pada Aplikasi Play store, kemunkinan besar akan berpengaruh pada layanan google play itu sendiri.

Sehingga akan muncul masalah sayangnya aplikasi terlah berhenti secara tiba-tiba, untuk cara hapus data cache bisa ikuti langkah ini :

  1. Pertama masuk ke Pengaturan Android Anda
  2. Kemudian masuk ke menu Aplikasi
  3. Lalu cari Google Play Store pada kolom pencarian
  4. Klik pada Penyimpanan > Atur penyimpanan > Dan terakhir Hapus memori
  5. Selesai

4. Hapus Pembaruan Play Services

Pada dasarnya Google Play Service selalu malakukan pembaruan otomatis karena untuk memperbaiki data corrupt sehingga terjadi error serta bug yang ada pada perangkat.

Atau bisa jadi, di berbagai pengaturan tertentu, membuat google play service sendiri tidak ter-update otomatis.

Untuk caranya :

  1. Masuk ke Pengaturan Android Anda
  2. Kemudian masuk ke menu Aplikasi
  3. Lalu cari Google Play Services pada kolom pencarian
  4. Klik pada Icon titik Tiga > Dan Hapus instalan pembaruan
  5. Selesai

Jika anda sudah menghapus instalan pembaruan google play services akan kembali ke versi sebelumnya.

5. Tambahkan kembali Akun Google

Berbicara tentang akun Google, Anda dapat mencoba untuk menghapus dan menambahkan akun yang terhubung ke Play Store tersebut sekali lagi.

Karena beberapa faktor bisa terpengaruh pada akun google utama, sebaiknya bisa di coba untuk mengatasi sayangnya layanan google play berhenti

Untuk caranya menghapus atau menambah bisa dapat dilakukan di pengaturan perangkat Anda. Cukup buka Pengaturan -> Akun -> akun Google.

Baca disini : Cara Menghapus Akun Gmail

Di sini Anda dapat melihat beberapa akun yang ditambahkan ke perangkat Anda, jadi coba hapus akun utama.

Setelah selesai, buka tab akun dan tambahkan akun yang sama kembali.

Dan cara alternatif ialah dengan mengecek waktu dan tanggal pada pengaturan apakah sesuai dengan jam dan tanggal saat ini.

6. Reset Handphone

Jika langkah di atas masih juga belum bisa langkah yang mumpuni ialah dengan me-reset Android sistem ke pengaturan pabrik.

Nah cara ini memang cara agar sistem perangkat anda kembali ke default, maka dengan melalukan cara ini.

Pastikan data, seperti foto, video, musik, dan file penting lainnya, sebaik di backup terlebih dahulu ke komputer atau laptop jika punya.

Namun jika tidak punya pc Anda bisa backup ke Google Drive atau penyimpan internet lain, untuk menghindari hilangnya data-data penting.

Karena cara ini memang menghapus semua yang ada pada pengkat anda mulai dari aplikasi dan semua pengaturan kembali ke awal.

Baca Juga : Cara Reset iPhone

Untuk melakukan reset ke pabrik Anda bisa ikuti langkah di bawah ini

  1. Pergi ke Pengaturan Hp Anda
  2. Kemudian Manajemen Umum > Pilih Reset > Lalu tekan Reset data pabrik

7. Flash Ulang Perangkat

Berbeda dengan cara mereset ulang sistem dengan melakukan flashing ulang, karena dengan melakukan flash maka tak hanya sitem yang terhapus.

Bahkan jika perangkat Anda ada mengendap virus pada perangkat ini akan otomatis terhapus dengan sempurna.

Karena cara ini memang tak hanya masalah pada google play saja yang bisa terjadi, Namun sebelumnya Perangkat mengalami masalah lain, ikut pulih kembali.

Sebaiknya, jika anda ingin Fishing ulang carilah firmware yang versi terbaru, untuk firmware-nya bisa anda temukan pada situs resmi merk Handphone Anda.

Mungkin itulah beberapa cara untuk mengatasi Layanan Google Play Terhenti secara tiba-tiba, semoga bisa terbantu bagi Anda lagi mengalami masalah ini.

Lihat artikel kami lainnya terbaru dan ter-update setiap hari, Akhir kata saya ucapkan terima kasih.

Min Arta

Seorang Freelance pencinta kopi, yang ingin berbagi apa yang saya tau, suka teknologi terutama Gadget dan Komputer.

Tinggalkan komentar